Skip to main content

3 Janji Jokowi Ketika Berkunjung ke Pegunungan Arfak Papua Barat


Setelah dilantik menjadi Presiden RI 2019-2024, berita terkini Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan pertamanya ke provinsi Papua Barat. Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan 3 komitmen penting.

Komitmen Presiden Jokowi Bagi Papua Barat

Kunjungan yang dilangsungkan pada Minggu (27/10/2019) menjadi kunjungan kerja pertama Jokowi pasca pelantikannya sebagai presiden terpilih. Dalam kunjungan ini, Presiden didampingi oleh menteri Perhubungan Budi karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Tak ketinggalan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rahman, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto. 
Pegunungan Arfak menjadi salah satu destinasi kunjungan Presiden ini. Setibanya di helipad Bandar Udara Irai, Kabupaten Pegunungan Arfak, Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan ke Pegunungan Arfak. Beberapa poin dan komitmen perihal pembangunan infrastruktur di wilayah Pegunungan Arfak, beliau sampaikan dalam kunjungan tersebut.



Komitmen itu seperti :


Pembangunan Jalan

Komitmen Jokowi salah satunya yakni membangun jalan, pasar dan bandara di Kabupaten Pegunungan Arfak. Komitmen tersebut disampaikan di hadapan warga 10 distrik dan 162 desa yang ada di Pegunungan Arfak. Pembangunan jalan terutama yang menghubungkan Pegunungan Arfak dengan Manokwari. Dengan begitu akses transportasi serta distribusi barang seperti produk pertanian akan lebih mudah dan cepat.
Pegunungan Arfak sendiri memiliki potensi wisata yang cukup besar. Hal ini mengingat adanya dua danau alami di kawasan ini yakni Danau Anggi Giji dan Anggi Gida. Selain itu, hasil pertanian seperti wortel, kol dan kentang juga menjadi andalan Pegunungan Arfak yang sering dijual ke Manokwari. Rencananya, infrastruktur jalan yang hendak dibangun sepanjang 139 kilometer.

Membangun Bandara

Pembangunan bandara juga dinilai penting untuk mendorong kemajuan daerah khususnya kawasan Pegunungan Arfak. Pembangunan bandara di kawasan ini ditargetkan bisa selesai hanya dalam waktu 2 tahun saja. Berita terkini menyebutkan Pegunungan Arfak memiliki potensi besar terutama di bidang pertanian dan pariwisata. Dengan adanya bandara, akses pengunjung pun akan lebih mudah.

Membangun Rumah Sakit

Sarana publik seperti rumah sakit, puskesmas dan pasar juga tak luput dari target pembangunan infrastruktur Jokowi. Pembangunan sarana publik tersebut ditargetkan bisa selesai dalam jangka waktu 2 - 3 tahun. Rencana-rencana tersebut menjadi pertimbangan setelah Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosias Saroy mengemukakan kebutuhan pembangunan di wilayahnya. Bukan hanya rumah sakit dan pasar, pembangunan infrastruktur lainnya seperti perumahan rakyat, jaringan telekomunikasi dan instalasi pembangkit listrik juga turut dipertimbangkan.

Dalam kunjungan ke Pegunungan Arfak tersebut, Jokowi bertemu sekitar 3.000 warga di lapangan bola Irai. Menurut berita terkini, Jokowi juga diagendakan mengunjungi Pasar Irai. Kemudian kunjungan kerja dilanjutkan menuju ke Bandar Udara Rendani, Kabupaten Manokwari. Dari Kabupaten Manokwari, Jokowi melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Kaimana untuk meninjau fasilitas publik di kawasan tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

Penjelasan Mengenai Vivenso Indonesia

Harga Vivenso Vivenso by Pro-Aqua Germany, yaitu vacuum cleaner heavy duty yang umum dipakai di hotel atau penginapan, terkecuali berperan untuk Vacuum Cleaner yang dapat bersihkan debu bersama Tungau, alat ini mempunyai peranan beda jadi Air Cleaner (pembersih udara) ruang dan jadi Aroma Terapi (memakai parfum). Tenaga hisap yang kuat dan daya pemakaian listrik nya variable sesuai sama keperluan sampai maksimal cuma 1000 watt saja, dan memakai cara penangkapan debu Hydro Cleaner dengan kata lain memakai air, hingga praktis debu dapat dibuang segera di closet atau tanah tanpa ada berterbangan ke udara. Hanya satu mesin cara Hydro Cleaner yg tidak memakai filter udara, tidak seperti hydro cleaner beda yang masih tetap memakai filter penambahan, hingga mesin ini hampir maintenance free. Mesin ini keadaan sisa, di jual karna tidak sering dipakai, keadaan Masih tetap begitu bagus, asesoris lengkap, dus nya masih tetap ada, juga Garansi masih tetap jalan lama sekali. Pas buat and

Kunjungan ke Papua Barat, Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa

Berita terkini dalam kunjungan ke Papua Barat, Presiden Jokowi turut meresmikan jembatan Youtefa, yang menjadi ikon Kota Jayapura. Jembatan tersebut diresmikan bersamaan dengan hari Sumpah Pemuda ke-91. Demi Papua yang Lebih Maju Presiden Jokowi berharap jembatan dapat berfungsi sebagai pendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Hal tersebut disampaikan dalam pidato peresmian jembatan Youtefa tersebut, pada Senin (28/10/2019). Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Presiden juga menyerukan agar seluruh Nusantara menyatukan tekad untuk membangun Indonesia berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia dan bertanah air satu tanah air Indonesia. Termasuk salah satunya membangun Indonesia dan Papua. Kedatangan Presiden Jokowi ke Papua sendiri kali ini merupakan yang ke-13 kalinya. Dalam kesempatan tersebut presiden juga meminta seluruh masyarakat Papua untuk memupuk kebersamaan dalam upaya menjaga dan membangun Papua yang lebih baik. Pembangunan Papua nantinya dih